HARAPAN AKAN SEBUAH PERJUANGAN

Dalam kebingungan, saat mendengar informasi di awal saat dimulainya pendaftaran pembatik, saya mencoba untuk mencari info itu lebih jelas lagi. Saat itu, bermodalkan Zyreks Keluaran tahun 2010 dan  modem 3G saya mencoba searching di browser ternama di dunia maya. Google... tempat yang tepat mencari informasi itu. Setelah sekian lama mencari, akhirnya aku menemukan cara untuk bisa mengakses apa yang saya cari dan ingin mengetahuinya lebih lanjut. 

Ada beberapa hal yang menjadi persyaratan kala itu. Aku berusaha untuk memenujhi semua persyaratan itu, dan akhirnya aku bisa lolos administrasinya. Setelah itu saya diwajibkan untuk membaca dan memperbanyak wawasan saya dengan berliterasi. Ada beberapa modul yang harus saya selesaikan pada saat itu. Dan akhirnya aku bisa masuk di level yang lebih tinggi lagi. Saya dinyatakan lolos untuk masuk di lwvel 2. Seiring berjalannya waktu aku sempatkan diri memvaca beberapa modul yang ada di level 2 dan mengerjakan belbagai tugas yang diberikan kepada saya saat mengikuti pelatihan itu. Dan saya sungguh bersyukur aku dinyatakan lolos pada level ini. Saya memasuki level 3. Di saat yang sama aku harus mengikuti kuliah profesi guru (PPG Daljab). Begitu fokusnya saya untuk mengikuti PPG sehingga saya kurang terlalu memerhatikan modul dan tugas di level 3 debgan maksimal. Dan saya tidak lolos di lwvwl ini. 

Di tahun 2020 saya diberi kesempatan untuk melanjutkan level 3, dan saya pun dengan perjuangan yang keras mengikuti semua arahan dan membaca modul yang ada pada level 3 hingga membuat video pembelajaran sebagai tugas utama pada level ini. Hati sangat gembira tatkala membaca informasi di laman simpatika bahwa saya dinyatakan Lulus Level 3 dan dipilih menjadi salah seorang yang masuk dalam 30 besar Pembatik level 4 NTT.

Semangat baru muncul, Ada motivasi yang sangat kuat dari dalam diri untuk berjuang di level ini. Saya mengikutinya dengan hati yang bahagia. Level 4 ini ternyata bukan sekedar baca, dan buat, dapi lebih dari itu, saya dituntut untuk bisa berbagi. Ada banyak hal yang diberikan oleh pendamping lewat coaching dan kuliah pembatik. Hal itu saya terapkan secara maksimal, sambil mengiktui aturan main di level 4 ini. Ada haarapan yang besar yang sepertinya selalu bergentayangan di pikiran saya. Harapan untuk lolos pada Level ini, dan harapan untuk menuliskan nama yang indah dalam sejarah pendidikan di Indonesia, setidaknya saya bisa ambil bagian untuk inovasi perkembangan pendidikan di Negaraku yang tercinta ini.

Mari berbagi, buka https://belajar.kemdikbud.go.id/ untuk temukan berlbagai inovasi pembelajaran.


#PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Komentar

Postingan populer dari blog ini